Monday, December 14, 2009

Resiko Mengambil Keputusan

Peace Indonesia..

Ada kata bijak yang mengatakan salah itu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa, demikian juga dalam setiap moment di kehidupan ini pasti kadang ada yang salah dalam setiap pengambilan keputusan dalam lingkup masing-masing.

Yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana setelah kesalahan itu terjadi, tidak bijak kiranya setelah melakukan kesalahan kita mencurahkan segala daya untuk menutupi, tetapi sebaliknya curahkan untuk memperbaiki atau mengevaluasi agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi supaya tidak terlalu jauh menyimpang dari nilai2 awal (track planning dan target yang telah ditentukan).

Secara teori hal seperti itu mudah dibaca, dipelajari, dituliskan akan tetapi akan sangat sulit sekali untuk diimplementasikan, tetapi bukan berarti tidak bisa.

Hilangnya pepatah jawa "OJO DUMEH" ini kiranya bisa dijadikan perenungan yang bisa dipakai oleh semua pihak baik untuk posisi yang bersalah maupun yang menyalahkan.

Wis. sarapan disit lah.
Peace Indonesiaku.

Pepatah itu saya kira relevan untuk diterapkan dalam lingkup kecil diri sendiri maupun lingkup yang lebih besar yaitu kehidupan berbangsa dan bernegara.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment